Manfaat Melakukan Sunat Dilihat Dari Sisi Kesehatan -->

Iklan Semua Halaman

Manfaat Melakukan Sunat Dilihat Dari Sisi Kesehatan

Admin
Kamis, 13 Januari 2022

Sunat memang bukanlah hasil yang asing dilakukan pada anak – anak laki – laki bahkan perempuan di Indonesia. Sunat sendiri merupakan proses pelepasan kulup atau bagian kulit yang menyelubungi ujung kemaluan. Proses sunat ini juga tidak hanya bisa dilakukan pada orang dewasa maupun anak – anak bahkan sekarang sudah banyak orang tua yang sudah menyunat anakanya sejak dilahirkan.


Tujuan dilakukannya sunat ini bukan semata – mata membuang bagian kulit kemaluan yang tidak diperlukan saja. Tetapi tujuan sunat ini juga untuk urusan kebersihan dan juga Kesehatan anak nantinya. Prosedur sunat yang dilakukan saat ini juga sudah dianggap sangat aman dan tidak berpengaruh kepada kesuburan anak nantinya.


Bahkan manfaat melakukan sunat pada anak ini tidak hanya diperintahkan menurut agama saja tetapi juga menurut pakar Kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan pada anak yang telah melakukan proses sunat :

  • Mengurangi resiko munculnya penyakit seksual menular seperti herpes, sifilis, bahkan HIV.
  • Mencegah terjadinya penyakit lainnya di area kemaluan seperti nyeri di bagian kepala atau kulup penis yang dalam istilah kedokteran disebut dengan penyakit fimosis. Penyakit satu ini juga juga bisa membuat anak merasa kesakitan setiap kali hendak buang air kecil.
  • Mengurangi resiko timbulnya penyakit infeski saluran kemih yang berkaitan dengan Kesehatan ginjal.
  • Mengurangi resiko munculnya penyakit kanker penis pada laki – laki dan kanker serviks pada wanita.
  • Membuat penis menjadi lebih terjaga kebersihan dan kesehatannya, karena biasanya penis yang sudah disunat akan terbebas dari sisa kotoran buang air kecil yang mungkin tersisa diantara kulit penis.


Itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan pada orang – orang yang sudah melewati proses sunat. Tentunya dalam ilmu medis pun tidak akan sembarangan merekomendasikan sesuatu jika tidak ada manfaatnya untuk Kesehatan seseorang kedepannya.


Meskipun memang pelaksanaan sunat ini masih memiliki beberapa resiko seperti mungkin terjadi pendarahan ataupun gangguan pada saluran kemih. Namun resiko tersebut bisa dihindarkan jika kita melakukan proses sunat di dokter ahli dengan menggunakan ilmu dan peralatan yang memadai.


Bahkan saat inipun sudah banyak sekali metode sunat yang bisa dipilih dari mulai yang terasa sakit sampai yang tidak merasakan apapun. Bahkan saat ini sudah banyak sekali metode sunat pada anak yang bahkan anak bisa langsung bermain menggunakan celana tanpa harus berlama – lama merasakan sakit seperti zaman dulu.


Meskipun metode sunat saat ini sudah semakin canggih tetapi jangan lupa juga bagi anda yang baru saja di sunat untuk tetap memperhatikan mengenai kebersihan dan juga kenyamanan pakaian yang digunakan. Karena umumnya setelah sunat alat kemaluan akan mengalami sedikit memar maka anda bisa mengikuti cara – cara berikut ini untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan.

  1. Pakai pakaian yang longgar untuk menghindari adanya pergesekan antara alat kemaluan dan pakaian yang dikenakan.
  2. Rutin mngontrol luka dan juga selalu mengganti perban setiap habis dibersihkan ataupun mandi.
  3. Jangan lupa untuk mengkonsumsi obat Pereda rasa nyeri ataupun antibiotic untuk mengurangi rasa sakit efek setelah melakukan tindakan sunat.
  4. Kurangi dulu aktivitas berat seperti besepeda, bermain bola, ataupun berlari karena ditakutkan bisa membuka kembali jahitan atau luka pada bagian alat kemaluan.
  5. Bagi pria dewasa yang baru melakukan sunat maka tidak disarankan melakukan hubungan suami istri selama 4 – 6 minggu sampai lukanya benar – benar sembuh.