Doa – Doa Dan Dzikir Yang Dibaca Selepas Sholat Tahajud -->

Iklan Semua Halaman

Doa – Doa Dan Dzikir Yang Dibaca Selepas Sholat Tahajud

Admin
Jumat, 14 Januari 2022

Shalat Tahajud menjadi salah satu amalan sunnah yang juga dianjurkan dilakukan oleh seluruh umat muslim. Agar nilai ibadah kita dimata Allah SWT semakin lengkap maka kita bisa melaksanakan shalat tahajud ini sebagai pelengkapnya. Meskipun shalat tahajud ini tergolong kedalam shalat sunnah tetapi shalat ini memiliki banyak sekali keutamaan yang bisa diperoleh bagi siapapun yang tidak pernah melewatkan kesempatan untuk melaksanakan shalat ini.


Karena waktu pelaksanaak shalat tahajud ini dilaksanakan di waktu mulai dari sepertiga malam sampai menjelang waktu subuh. Itulah yang membuat shalat tahajud ini menjadi sholat yang memiliki amalan yang besar karena tidak semua orang bisa mendapatkan berkah nikmatnya bisa melaksanakan sholat tahajud ini.


Biasanya waktu pelaksanaan shalat tahajud ini dimulai sejak sepertiga malam pertama yaitu mulai pukul 22.00 sampai dengan pukul 00.00 dini hari. Selanjutnya waktu sepertiga malam kedua dimulai sejak pukul 00.00 dini hari sampai dengan pukul 02.00 dini hari. Terakhir waktu sepertiga malam terakhir dimulai sejak pukul 02.00 dini hari sampai dengan pukul 03.30 dini hari atau sampai batas waktu sebelum subuh masuk.

Tata cara pelaksanaan shalat tahajud pun sama dengan tata cara sholat sunnah lainnya sepert dhuha. Biasanya sholat ini bisa dilaksanakn maksimal 12 rakaat dengan jumlah 2 rakaat di setiap salamnya. Agar lebih mendapatkan keutamaan dari sholat ini dianjurkan setelah selesai melaksanakan sholat ini untuk melanjutkannya dengan membaca doa dan juga berdzikir.


Jika anda bingung tentang urutan bacaan doa dan juga bacaan dzikir setelah sholat tahajud, berikut ini terdapat panduan bacaan doa dan dzikir yang bisa anda ikuti.


1. Bacaan doa setelah sholat tahajud

“Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.”

“Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”


Artinya : “Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.”


2. Dilanjutkan Dengan Membaca Dzikir Setelah Sholat Tahajud

  • Membaca Istigfar
  • Membaca Tasbih (Subhanallah 33x)
  • Membaca Tahmid (Alhamdulillah 33x)
  • Membaca Takbir (Allahu Akbar 33x)
  • Membaca Tahlil (Laa Ilaaha Illallah 33x)
  • Membaca sholawat nabi
  • Membaca surat Al Ikhlas
  • Membaca surat Al Falaq
  • Membaca surat An Nas
  • Membaca Al Fatihat
  • Membaca doa sesuai dengan kebutuhan anda.