Lebih praktis! Begini Cara Lapor Pajak Secara Daring

Iklan Semua Halaman

Lebih praktis! Begini Cara Lapor Pajak Secara Daring

Admin
Kamis, 18 Juni 2020

Cara lapor pajak online sudah cukup populer saat ini. Membayar pajak menjadi salah satu cara seseorang untuk berkontribusi demi kemajuan negara agar pembangunan berkelanjutan dapat dilakukan. Sebagai warga negara yang baik, tentu Anda perlu membayar pajak. Setiap orang yang dikenakan wajib pajak perlu melaporkan dan membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Akan tetapi mungkin sebagian orang masih belum mengetahui dan mengerti bagaimana cara membayar pajak yang baik dan benar. Mungkin terkadang Anda merasa ribet ketika jatuh tempo membayar pajak. Karena kesibukan yang tidak dapat ditinggalkan maka membayar pajak menjadi tertunda. Akan tetapi berkat teknologi yang berkembang pesat sekarang cara melapor pajak online menjadi pilihan seseorang untuk membayar pajak.

Hal yang Perlu Diketahui oleh Wajib Pajak
Seorang wajib pajak akan mendapatkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) sebagai tanda bahwa Anda telah terdaftar sebagai wajib pajak. Anda diwajibkan untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). cara lapor pajak online bisa dilakukan dengan mengakses e-filling. Dengan smartphone yang Anda miliki, Anda bisa mengakses e-filling.

Jika Anda memiliki penghasilan lebih dari Rp60.000.000/ tahun maka Anda akan dikenakan wajib pajak sebagaimana dilansir dari online-pajak.com dan klikpajak.com. Akan tetapi jika Anda berpenghasilan kurang dari Rp60.000.000/ tahun dan telah memiliki NPWP maka Anda tetap berkewajiban untuk melaporkan SPT. 

Jika penghasilan kurang dari angka tersebut maka Anda bukan termasuk orang yang terkena pajak, akan tetapi Anda perlu melaporkannya sebagai tanda bukti bahwa Anda memang tidak termasuk seseorang yang wajib dikenakan pajak penghasilan. 

Macam-macam SPT
Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) tidak hanya terdiri dari satu macam saja. Terdapat 3 jenis SPT yang perlu diketahui oleh wajib pajak. SPT1770 termasuk salah satu jenis dari SPT. Jenis ini terdiri dari 4 lembar yang berisi lembar induk, dan lembar lampiran. Bagi Anda yang menjadi karyawan dan juga memiliki usaha maka Anda akan mendapatkan SPT ini.

Kemudian SPT jenis lainnya yaitu SPT 1770SS yang hanya terdiri dari 1 halaman saja. Pada SPT ini termuat penghasilan serta catatan hutang yang Anda miliki. SPT ini termasuk jenis yang sederhana dan biasanya digunakan jika Anda memiliki penghasilan kurang dari Rp60.000.000. Meskipun Anda bukan termasuk wajib pajak Anda perlu melaporkan SPT.

Agar pelaporan SPT menjadi lebih mudah dan Anda tidak mengalami kesulitan, sekarang Anda bisa menggunakan aplikasi BukuKas. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa memperoleh pengetahuan seputar pajak. Jika Anda masih pemula, tidak perlu khawatir karena terdapat panduan yang mudah dicerna agar Anda mudah mengerti tentang seluk-beluk pajak. Aplikasi ini dapat Anda akses melalui smartphone dengan mudah. cara lapor pajak online pun tidak menjadi hal yang ribet lagi.