Cara Merawat Alat Bantu Dengar (ABD)

Iklan Semua Halaman

Cara Merawat Alat Bantu Dengar (ABD)

Admin
Rabu, 10 Juli 2019
Telinga manusia memiliki rambut halus yang berguna untuk menangkap suara. Saat ada suara yang keras, maka akan merusak rambut halus tersebut. Masalahnya rambut halus tersebut tidak dapat melakukan regenerasi. Alhasil banyak sekali masyarakat Indonesia yang memiliki masalah pendengaran dan memerlukan alat bantu pendengaran.

Hanya saja, tidak banyak masyarakat Indonesia yang dapat membeli alat tersebut, karena harga yang memang mahal. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ada banyak organisasi sosial maupun pemerintah yang memberikan secara gratis. Maka dari itu, masyarakat yang sudah memiliki ABD perlu mengetahui serangkaian cara merawat alat bantu dengar tersebut.

Cara Merawat Alat Bantu Dengar (ABD)
Alat bantu dengar gratis memang setiap tahun dibagikan kepada orang yang mengalami gangguan pada pendengarannya. Alat bantu tersebut perlu untuk dirawat secara khusus, agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Beberapa cara untuk merawat alat tersebut dapat dilihat sebagai berikut.

1. Simpan ABD di Tempat yang Kering
Saat Anda hendak mandi, Anda yang menggunakan ABD perlu untuk melepaskan terlebih dahulu dan letakkan di tempat yang kering. Anda tidak boleh meletakkan ABD di kamar mandi, karena tempat tersebut memiliki kelembapan yang tinggi dan dapat merusak komponen di dalam ABD. Meskipun ABD saat ini banyak yang didesain tahan air, tetap tidak direkomendasikan untuk disimpan di tempat yang lembab.

2. Bersihkan ABD dari Cairan Telinga yang Menempel
Cairan telinga adalah salah satu penyebab dari menurunnya kinerja ABD. Menempelnya cairan telinga pada ABD memang tidak dapat dihindari. Hal yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan secara rutin dengan menggunakan kapas yang kering maupun sikat gigi bersih yang kering.

3. Gunakan dengan Sangat Hati-Hati
ABD harus dibawa dengan sangat hati-hati. Jaga ADB dengan hati-hati untuk tidak menjatuhkannya, agar memastikan tidak ada komponen yang rusak. Simpan ABD setelah tidak digunakan di tempat yang aman  dan jauh dari jangkauan anak-anak maupun hewan. Anda juga bisa meletakkan hearing aid di dalam kotak yang dilengkapi dengan silicon penyerap kelembaban udara.