4 Tingkatan Gangguan Pendengaran Pada Manusia

Iklan Semua Halaman

4 Tingkatan Gangguan Pendengaran Pada Manusia

Admin
Selasa, 30 April 2019

Tuli merupakan sebuah kondisi pada indera pendengaran yang disebabkan oleh berbagai macam faktor, setiap orang pastinya akan mengalami masalah semacam ini seiring dengan bertambahnya usia, namun juga tidak bisa dipungkiri ada sebagian diantaranya yang sudah tuli sejak lahir. Cacat sejak lahir ini tidak hanya membuat mereka tidak bisa mendengar, melainkan untuk berbicara juga sulit dilakukan karena tidak ada yang didengar.

Pendengaran menurun sejatinya bisa terjadi karena faktor usia, semakin bertambah usia seseorang maka akan semakin menurun kemampuan untuk mendengarkan suara. Namun sistemnya adalah bertahap sedikit demi sedikit. Bahkan hal semacam ini masih dapat ditolong, diantaranya adalah dengan terapi atau bahkan menggunakan alat bantu pendengaran yang belakangan memang cukup populer dipakai. Adapun setidaknya beberapa tingkat ketulian atau gangguan pada pendengaran yang wajib untuk Anda ketahui, diantaranya adalah:

1. Tuli ringan, kondisi yang satu ini membuat mereka biasanya agak kesulitan untuk menyimak pembicaraan orang lain yang posisinya ada cukup jauh, ataupun berada di lingkungan yang berisik, biasanya masih bisa diobati.

2. Tuli sedang, tuli dalam tingkatan sedang ini terjadi membuat lawan bicara akan kesulitan untuk mendengarkan apa yang dikatakan orang lain, meskipun jaraknya sendiri cukup dekat ketika sedang berbicara.

3. Tuli berat, kondisi semacam ini membuat seseorang tidak bisa mendengarkan suara dengan intensitas yang pelan, mereka hanya bisa mendengarkan suara yang intensitasnya keras saja, sebut diantaranya adalah suara sirine.

4. Tuli sangat berat, penderita dari ketulian ini umumnya hanya bisa mendengarkan suara yang intensitasnya memang keras sekali, bahkan juga diterima dengan getaran, sedangkan untuk suara dengan frekuensi di bawahnya tidak akan bisa didengarkan.

Mungkin tanpa Anda sadari sebenarnya Anda termasuk salah satu diantaranya, sehingga sering kali ketika melakukan komunikasi tidak jelas, jika kondisi ini terjadi maka ada baiknya segera periksa atau konsultasikan ke dokter terapi gangguan pendengaran, selanjutnya bisa juga dengan menggunakan hearing aid untuk membantu pendengaran, beli di Pusat Alat Bantu Dengar Melawai.