Mengenal Sosok Motivator Indonesia Terbaik Wanita, Merry Riana

Iklan Semua Halaman

Mengenal Sosok Motivator Indonesia Terbaik Wanita, Merry Riana

Admin
Selasa, 11 Desember 2018

Pada umumnya, mungkin kita mengenal motivator terbaik di Indonesia  ialah seorang pria, tapi Anda juga perlu tahu bahwa kita juga memiliki tokoh inspiratif top wanita yang bahkan sudah diakui di kancah internasional. Halini tentu mematahkan dominasi terhadap sosok entrepreneur dan inspirator sukses yang kebanyakan didominasi oleh kalangan pria. Lalu, siapakah sebenarnya sosok inspiratif wanita Indonesia tersebut? Ya, dia adalah Merry Riana, pengusaha sekaligus inspirator wanita sukses dari Indonesia.

Motivator Indonesia

Perjalanan Hidup Merry Riana
Motivator Indonesia wanita Merry Riana lahir di Jakarta, tepatnya pada 29 Mei 1980. Ia sebenarnya dilahirkan dari keluarga yang cukup sederhana. Ibunya hanya ibu rumah tangga, dan ayahnya merupakan seorang pebisnis. Merry merupakan anak pertama dari 3 bersaudara. Menjadi anak pertama, tentu saja menjadi harapan dan tumpuan kedua orang tuanya. Hal tersebut sudah disadari oleh Merry.

Sesudah lulus SMA, ia bercita-cita menjadi insinyur teknik dan berencana untuk melanjutkan pendidikannya ke Universitas Trisakti dengan mengambil Teknik Elektro. Akan tetapi, karena waktu itu kondisi ibukota sedang dalam keadaan yang tidak kondusif setelah peristiwa kerusuhan pada tahun 1998, kedua orang tuanya pun khawatir apabila anaknya melanjutkan pendidikan di Jakarta. Akhirnya ia pun dikirim ke Singapura, dengan harapan agar Merry lebih fokus menempuh pendidikan di sana. Di Singapura, ia memutuskan melanjutkan studi ke NTU (Nanyang Technological University) dan mengambil jurusan EEE (Electrical and Electronics Engineering).

Mimpi besarnya ternyata harus melewati berbagai hambatan, tak semulus yang dipikirkan ternyata ada beberapa masalah di sana. Merry tidak memiliki persiapan yang matang untuk melanjutkan studi di Singapura dan ternyata gagal saat mengikuti ujian bahasa asingnya. Belum lagi, minimnya kondisi keuangan keluarga memaksanya harus memutar otak untuk mencari biaya tambahan untuk hidupnya selama di Singapura.

Merry pun sempat mencari banyak pinjaman demi memenuhi kehidupan sehari-harinya, selain itu ia juga harus menjalani pekerjaan sampingan, seperti sebagai penjaga kios, penyebar pamflet, hingga pelayan hotel. Ia percaya sesulit apapun jalannya, pasti ia bisa melewatinya. Inilah keyakinan yang menjadi modal bagi motivator wanita Indonesia ini ketika menjalani masa sulitnya.

Titik Balik Sang Motivator
Kehidupan berat saat berada di Singapura memang menguji mental Merry. Bahkan tak jarang, ia harus menahan dahaga dan melakukan berbagai pekerjaan sampingan yang sangat berat bila terus menerus dikerjakan. Akan tetapi semua itu tidak menghapus semangatnya. Hingga saat usianya menginjak ke 20 tahun, di tengah desakan dan keterbatasan untuk tetap bersemangat, ia pun akhirnya membuat resolusi. Sesudah itu, ia pun mencoba berbisnis. Ia pernah menjajaki berbagai peluang bisnis, seperti MLM produk, kemudian pembuatan skripsi sampai bisnis saham dan justru malah menarik Merry ke dalam sebuah kegagalan besar, karenanya ia pun harus rela kehilangan modalnya bernilai $10.000. Bisa dibilang, ia sudah merasa kenyang dengan penolakan, kegagalan, dan bahkan hampir terpuruk.

Titik balik kehidupannya pun terjadi ketika ia menamatkan pendidikannya. Merry mengambil sebuah keputusan yang mengejutkan, ia mencoba berbisnis perencanaan keuangan. Pada awalnya, kerabat dekat meragukan keputusan Merry, tapi ia tetap yakin dengan apa yang dipilihnya. Ia bekerja keras, dengan menawarkan berbagai produk perencanaan keuangan di stasiun kereta MRT, maupun di tempat-tempat umum lainnya. Semuanya tak mudah dilaluinya, belum lagi kemampuan berbahasa mandarinnya bisa dibilang pas-pasan. Tapi ia tak pernah gentar sekallipun. Hingga akhirnya, perjuangan Merry berbuah manis, tepat di tahun 2003 Merry dinobatkan sebagai agen terbaik di tempatnya bekerja. Bahkan ia bisa mengembangkan jaringan MRO miliknya.
Merry Riana
Mimpi Sejuta Dolar, Merry Riana
Setelah resolusi di usianya yang ke-20 tahun mampu diraihnya, kini Merry ingin mencapai mimpi terbesarnya dengan memberikan manfaat bagi sejuta orang di Asia, khususnya Indonesia. Dan mimpi itu akhirnya diwujudkan lewat tulisannya yang dituangkan dalam buku best seller “Mimpi Sejuta Dollar”. Dari kisah hidup dan perjalanan kariernya, kita bisa memetik banyak inspirasi dari sang motivator Indonesia terbaik ini!