Cara Menyimpan Daging Sapi Kurban Agar Tetap Enak dan Tahan Lama

18.37 Negara Daha 0 Comments

Pada jum’at yang lalu, 1 September 2017 atau 10 Dzulhijjah 1438 H seluruh umat muslim di berbagai penjuru dunia merayakan hari raya Idul Adha 1438 H. Sebagaimana mana yang kita ketahui, Idul Aha disebut juga dengan Idul Kurban. Ya, menyembelih hewan kurban merupakan acara yang tidak bisa dilewatkan.

Orang yang mampu akan mengurban hewan ternak untuk disembelih. Umumnya, di moment seperti ini stock daging sapi kurban cukup melimpah. Apalagi jika di suatu kampung menyembelih hewan kurban dalam jumlah yang cukup banyak. Jika dimasak sekaligus tentu tidak akan langsung habis, justru akan malah terbuang sia-sia.
Cara Menyimpan Daging Sapi Kurban
Cara Menyimpan Daging Sapi Kurban. (foto: bintang.com)
Sedangkan, anda dilarang untuk membuang makanan, perilaku tersebut sangatlah tidak terpuji. Untuk itu, simaklah ulasan di bawah ini mengenai cara menyimpan daging sapi kurban agar tetap enak dan tahan lama. Menyimpan daging sapi kurban dengan cara yang benar dan tepat bisa anda lakukan di Rumah.

Pertama, tidak boleh dicuci.
Daging sapi kurban tidak boleh dicuci, karena teksturnya justru akan lebih keras dan menjadi alot. Anda tidak mau kan menikmati daging yang alot? Hal ini akan mengurangi kenikmatan rasa daging. Jika ingin membersihkan kotoran yang menempel, celupkan sebentar pada air mendidih. Segera angkat dan bersihkan kotoran yang menempel. 

Kedua, potong kecil-kecil.
Jika anda mendapatkan jatah daging sapi kurban, jangan langsung dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Tetapi potong kecil-kecil, kemudian masukkan ke dalam plastik ukuran ½ kg atau 1 kg. Barulah saat mau memasaknya ambil 1 kantong, selebihnya biarkan beku di dalam lemari pendingin. Cara seperti ini dipercaya bisa membuat daging sapi kurban tahan lama hingga 1 tahun.

Ketiga, simpan pada freezer.
Setelah memotong kecil-kecil dan bebas dari kotoran, bungkuslah daging sapi kurban menggunakan plastik wrap. Ingat, jangan dicuci menggunakan air kran karena mengundang tumbuhnya kuman dan bakteri. Sebelum disimpan di freezer, diamkan daging di kulkas sejuk selama 4-5 jam. Setelah dingin baru bisa dimasukkan ke dalam freezer

Saat mau memasak daging sapi kurban yang beku itu, jangan mencairkan daging beku menggunakan air panas. Simpan saja daging beku tadi di bawah air kran suhu normal (ingat ya daging masih dalam plastik). Jika daging sudah empuk, baru dicuci, tiriskan dan siap dimasak. Nikmati daging sapi kurban dengan berbagai cara memasak, bisa direndang, gepuk atau dibuat menjadi abon. Sesuaikan dengan selera anda masing-masing. Semoga Bermanfaat.

0 komentar: