5 Negara yang Penduduknya Mengalami Kelaparan

22.18 Negara Daha 0 Comments

Jika selama ini kamu beranggapan bahwa bencana paling mengerikan adalah gempa bumi, topan, tsunami atau gunung meletus, rasanya keliru. Mengapa dikatakan keliru? Ya karena bencana paling mengerikan itu adalah bencana kelaparan. Coba bayangkan, di saat kamu bisa makan dengan kenyang, di belahan bumi lain masih ada orang yang merasakan kelaparan ekstrem. Sebagai bentuk syukur kepada Sang Pencipta, kita bisa membantu mereka misalnya dengan menyalurkan bantuan melalui donasi untuk Yaman, Somalia, Nigeria atau negara lainnya.

Kelaparan bisa menjadi bencana paling mengerikan karena bisa membunuh manusia secara cepat dalam keadaan yang mengenaskan. Tubuh kurus kering, perut membuncit atau terjangkit penyakit sebagai efek dominonya. Efek domino yang ditimbulkannya juga mengerikan, diantaranya gizi buruk dan wabah penyakit. 
Bencana Kelaparan di Somalia.
Fakta telah berbicara bahwa bencana kelaparan yang terjadi di dunia telah merenggut setidaknya 100 juta orang lebih meninggal dunia. Angka ini bukan angka main-main, nyaris menyamai akibat bencana perang dunia. Sayangnya, bencana kelaparan di era modern masih terjadi di beberapa negara.

1. Ethiophia
Kelaparan terparah terjadi pada tahun 1983-1985, setelah itu Ethiopia terus memperbaiki kondisi negaranya. Namun tidak sepenuhnya bisa membantu negara ini keluar dari problem kelaparan yang dihadapi.

2. Yaman
Yaman tenggelam dalam krisis kemanusiaan yang sangat parah dan mungkin mengalami bencana kelaparan tahun ini. Penyebabnya adalah negeri yang terletak di Semenanjung Arab itu masih terjebak dalam perang saudara koalisi pimpinan Arab Saudi untuk mengusir pemberontak Houthi yang menduduki Ibu Kota Sanaa. 

3. Sudan Selatan
Masih diakibatkan karena Perang yang berkepanjangan, Sudan Selatan didera perang saudara yang berujung pada krisis kelaparan dalam beberapa waktu ke belakang hingga perang selesai. Jumlah wilayah yang mengalami kelaparan semakin besar dan beberapa daerah telah siaga kelaparan. Konflik sipil yang terjadi sejak Desember 2013 membuat aktivitas pertanian terhenti. 

4. Somalia
Lain halnya dengan negara di atas, Somalia justru mengalami wabah penyakit dan kelaparan akibat kemarau panjang. Pada awal Maret 2017, telah tewas 110 orang akibat kelaparan dan kemarau yang kering kerontang. Bahkan lembaga kemanusiaan mencemaskan akan terjadinya bencana kelaparan paling parah di Somalia. 

5. Nigeria
Kondisi Negara yang dikenal sebagai negara makmur ini tak sepenuhnya bisa membebaskan Nigeria dari bencana kelaparan. Negara bagian Nigeria seperti Adamawa, Borno dan Yobe menjadi negara bagian terparah yang mengalami kelaparan. PBB mencatat setidaknya ada 5,1 juta penduduk di Nigeria yang mengalami kelaparan serius dan 450.000 diantaranya adalah anak-anak dengan kondisi gizi buruk akut.

Tentu hal ini menjadi pelajaran yang harus diwaspadai oleh Indonesia khususnya, agar jangan sampai terkena wabah kelaparan yang serius. Berkaca dari kejadian yang dialami negara lain, Indonesia sudah seharusnya melakukan ketahanan pangan yang kuat. Semoga Bermanfaat. 

0 komentar: