Ini Dia Biaya Maintenance Apartemen Yang Harus Dikeluarkan Setiap Bulan

11.50 Negara Daha 0 Comments

Tinggal di apartemen Jakarta Selatan bukan hal yang mudah untuk dilakukan dan direalisasikan. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dibalik keuntungan – keuntungan dan beragam kemudahan yang akan kamu dapatkan ketika tinggal di  apartemen. Seperti biaya maintenance apartemen yang harus kamu bayarkan pada setiap bulannya. Tidak sedikit masyarakat pendatang baru yang pertama kali membeli apartemen kaget dengan biaya maintenance apartemen yang tidak diperkirakan dan terpikirkan sebelumnya.

Berbeda halnya dengan rumah tapak, biaya – biaya ini harus dibayar setiap bulannya. Untuk itu ada baiknya para pendatang baru yang pertama kali membeli apartemen Jakarta selatan untuk mempertimbangkan biaya maintenance apartemen sebelum membeli apartemen pilihan yang akan kamu beli atau sewa. Coba perhatikan daftar biaya maintenance apartemen yang harus kamu tunaikan setiap bulannya berikut ini :

Cicilan Apartemen
Bila kamu membeli apartemen baru dengan cara pembayaran diangsur atau dicicil setiap bulannya. Hal ini sudah sewajarnya menjadi catatan pengeluaran wajib yang harus kamu sediakan setiap bulannya. Biaya cicilan ini merupakan biaya total apartemen yang sudah dikurangi biaya uang muka, dan dibagi jangka waktu pelunasan. Umumnya, pihak bank atau kreditur akan menghitung besaran cicilan per bulan yang harus kamu bayarkan dan jumlah tersebut tidak akan lebih dari 30 % jumlah gaji yang kamu terima setelah dikurangi cicilan lainnya.
Ilustrasi
Service Charge / Biaya Servis
Biaya biaya maintenance apartemen berikutnya ialah biaya maintenance fee atau biaya pemeliharaan gedung apartemen mulai dari keamanan, kebersihan, perawatan gedung hingga taman dan fasilitas – fasilitas apartemen lainnya. Beberapa apartemen Jakarta Selatan bahkan ada yang menghitung biaya TV kabel ke dalam service charge. Namun hal ini hanya berlaku pada apartemen yang mewajibkan penghuni menggunakan provider tersebut.

Biaya charge biasanya dibebankan setiap bulan, 3 bulan, atau per tahun. Umumnya hal ini ditentukan dari kesepakatan atau luas apartemen yang kamu tempati. Seperti contohnya luas apartemen Jakarta Selatan yang kamu tempati sebesar 100 m2 dan biaya charge yang dibebankan Rp. 10.000/m2 maka biaya service charge yang harus kamu tunaikan ialah sebesar Rp. 1.000.000.

Biaya Tarif Bisnis
Biaya maintenance apartemen yang satu ini umumnya meliputi gas, air, listrik, internet, TV kabel, dan telepon. Biayanya memang cukup mahal bila dibandingkan dengan rumah tapak. umumnya 20 % hingga 30 % lebih mahal dibandingkan dengan rumah tapak. setiap apartemen pun memiliki tarif bisnis yang berbeda – beda tergantung kesepakatan dan peraturan dari pengembang atau pengelola apartemen.

Biaya Transportasi
Pengeluaran biaya transportasi akan dimasukan sebagai biaya maintenance apartemen, namun hal ini pun tergantung dari kebutuhan dan seberapa jauh lokasi tempat kamu kuliah atau bekerja dari apartemen. Pengeluaran ini bisa berupa bensin kendaraan, ongkos angkutan umum atau transportasi umum atau bahkan biaya service rutin kendaraan pribadi yang kamu gunakan setiap hari. Namun bila kebetulan tempat kerja atau kuliah kamu dekat dengan apartemen kamu bisa menempuhnya dengan berjalan kaki, dengan begitu kamu bisa menghemat pengeluaran biaya bulanan dan harian.

Biaya Parkir
Biaya maintenance apartemen yang terakhir ini diperuntukan bagi kamu yang memiliki kendaraan pribadi dan jumlahnya tergantung dari peraturan biaya parkir pada masing - masing tempat. Baik itu kendaraan motor atau pun mobil keduanya akan dibebankan tariff parkir sesuai dengan perarturan apartemen. Namun ada beberapa apartemen yang memberikan lahan parkirnya secara cuma - cuma atau tidak membebankan biaya parkir, biasanya hanya untuk 1 unit kendaraan saja. Biasanya biaya parkir motor per bulannya dibebankan dengan harga kisaran Rp. 25.000 hingga Rp. 100.000, sedangkan kendaraan mobil biasanya memiliki kisaran Rp. 70.000 hingga Rp. 200.000 per bulannya.

Itulah beberapa biaya maintenance apartemen yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Daftar tersebut diatas bisa saja bertambah atau berkurang sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang diberikan oleh pihak pengelola dan pengembang apartemen Jakarta Selatan tempat kamu tinggal. Untuk meminimalisir biaya tak terduga yang tidak dapat kamu tangani ketika tinggal di apartemen sebaiknya hitung dan perkirakan secara mendetai sebelum kamu memutuskan untuk membeli sebuah unit apartemen. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan diterapkan dengan baik oleh para pembaca. Terima kasih.

0 komentar: