Gizi Yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil

18.07 Negara Daha 0 Comments

Mungkin kehamilan menjadi kabar bahagia bagi seorang wanita karena tidak lama lagi akan menjadi seorang ibu. Banyak ritual dan persiapan yang dilakukan baik oleh ibu ataupun suami yang membantu menyiapkan segalanya. Yang penting untuk diperhatikan adalah kebutuhan gizi dan kesehatan ibu hamil agar perkembangan janinnya lebih baik.

Pemenuhan gizi dan kesehatan ternyata harus dilakukan juga saat pra-kehamilan. Setidaknya tiga atau empat bulan sebelum seorang wanita berencana memulai program kehamilan, wanita harus mempersiapkan diri melalui makanan bergizi dan menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda memiliki kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan kurang sehat, sebaiknya mulai ditinggalkan. Kesehatan janin lebih penting, sehingga tumbuh kembang dengan baik.
Ilustrasi. (foto: solusisehat.com)
Masa pertumbuhan dan pembentukan organ tubuh terjadi mulai dari minggu-minggu pertama. Kekurangan gizi pada masa ini dapat menimbulkan kelainan pada bayi, bahkan resiko lahir premature pun lebih besar. Oleh sebab itu, gizi seimbang sangat penting untuk pertumbuhan janin. 

Kebutuhan gizi selama kehamilan terdiri dari beberapa macam, yaitu :

Asam Folat
Pembentukan sel dan sistem syaraf dipengaruhi oleh asam folat dalam jumlah banyak. Terbukti, pada trimester pertama janin membutuhkan asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari.

Protein
Protein berguna sebagai sumber kalori, zat pembangun, dan pembertukan darah atau sel. Ibu hamil membutuhkan jumlah protein sekitar 60 gram per hari (10 gram lebih banyak dari hari biasa).

Zat Besi
Fungsi dari zat besi itu sendiri adalah pembentukan darah terutama membentuk sel darah merah haemoglobin, selain itu dapat mengurangi resiko terkena gejala anemia pada ibu hamil.

Kalsium
Fungsi kalsium untuk ibu hamil adalah membantu pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulan janin. Kalsium juga bisa mencegah ibu hamil dari penyakit osteoporosis. Penting untuk diketahui, ketika asupan kalsiumnya kurang, janin akan mengambil kalsium dari tulang ibunya.

Itulah ulasan sederhana mengenai Gizi Yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil agar bayi dalam kandungannya tumbuh dengan baik dan ibunya tetap sehat wal ‘afiat. Semoga Bermanfaat.

0 komentar: